Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama

Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama

Buka Rahasia Ramadlan :: Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama
Karena sekarang Buka Rahasia Ramadlan lagi agak tidak begitu sibuk dan masih bingung mau bahas apa mending Buka Rahasia Ramadlan membahas mengenai Keutamaan Bulan Ramadlan. dan pada penjelasan Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama ini mari kita mulai dari Ayat Al-Qur'an berikut:
Keutamaan Bulan Ramadlan Bagian Pertama


إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Alquran) di malam al-qadr.” (QS. Al-Qadr: 1)

Ayat ini adalah ayat yang menjelaskan bahwasanya Al-Qur'an itu diturunkan pada Bulan Ramadlan, karena itu pula lalu ada Keutamaan tersendiri membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadlan, dan selain itu Bulan Ramadlan juga dikenal dengan Bulan Qur'an (Syahrul Qur'an).

Dan mari kita lihat juga Sabda Nabi Muhammad SAW sebagai berikut:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang beribadah pada malam hari bulan Ramadlan karena iman dan mengharap pahala maka diampuni dosa-dosa yang telah lalu”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits diatas ini salah satu hadits yang sangat masyhur disampaikan oleh para Alim Ulama' dalam tabligh, karena dalam hadits tersebut menjelaskan besarnya Keutamaan Bulan Ramadlan. dengan berpuasa dan mengamalkan kewajiban di Bulan Ramadlan bisa menghapus dosa-dosa yang telah lalu. dan seharusnya hadits seperti diatas bisa menjadi motivasi buat kita semua sebagai Ummat Islam. dan semoga saja begitu adanya amin amin Ya Rabbal 'Alamin.

Sebenarnya masih ada hadits yang lain yang menyerupai hadits diatas, seperti hadits berikut ini:

ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadlan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari No. 38, 1910, 1802).

Walaupun kedua hadits ini lafadhnya ada perbedaan, namun mafhumnya sama saja, yaitu menjalankan kewajiban di Bulan Ramadlan. dan apabila sudah menjalankan semua kewajiban di Bulan Ramadlan Insya Allah akan mendapatkan keutamaan Bulan Ramadlan diampuni dosa-dosanya di tahun yang lalu.

Sekian dari saya. semoga sedikit penjelasan mengenai Keutamaan Bulan Ramadlan ini bermanfaat buat kita semua, dan semoga kita semua termasuk orang yang mendapatkan ampunan dan mendapatkan keutamaan Bulan Ramadlan.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by admin, Published at 12.07 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar